Selasa, 27 November 2012


TUGAS ILMU BUDAYA DASAR

Hasil dari wawancara terhadap pedagang yang berada di pasar tanah abang
1.Nama                                    : Supriyono
2.Daerah Asal                         : Wonogiri
3.Jenis Usaha/kegiatan            : Pedagang Pakaian
4.Alamat                                 : Jalan Melati
   Kelurahan                             :Tanah Abang Jakarta Pusat
   RT/RW                                 : 01/14
   No rumah                             : 12

            Menurut narasumber ia telah berdagang di pasar tanah abang pada tahun 1990 tepatnya sih pada bulan febuari kurang lebih narasumber in telah berdagang di pasar tanah abang ini selama 22 tahun sampai sekarang.  Sebelum dia berdagang pakaian ternyata bapak ini pernah berjualan buah-buahan yang merugikan menurut beliau, itu sebabnya dia mengubah profesi nya dari penjual buah-buahan menjadi penjual pakaian. Alasan bapak ini berjualan di pasar tanah abang karena bapak ini tidak mau yang namanya kerja terikat dengan orang luar dan itu membuat bapak ini menjalani hidupnya di bidang perdagangan .
          
Hubungan bapak dengan masyarakat yang satu daerah dalam kehidupan sehari-harinya itu di jalani nya dengan baik-baik saja sesekali kalau lebaran ti ba bapak dan masyarakat yang satu daerah ini menjalani pulang kampung  bersama. Tetapi bapak juga menjaga silaturahim dengan masyarakat yang berbeda daerah juga di pemukimannya. Menurut bapak pasar tanah abang ini lebih maju di bandingkan dengan pasar tanah abang yang lalu pernah terjadi kebakaran tepatnya pada tahun 2003 yang membuat pemerintah untuk membangun pasar yang menmpunyai fasilitas mall yang selesai pada tahun 2010 .
            Menurut bapak kedaan di depan pasar tanah abang in itu memang tidak pernah lepas dari kemacetan dan selalu padat sebab banyak barang yang masuk dan banyak  barang yang keluar dai pasar tanah abang bagi yang di lakukan oleh para pedagang dan para pembeli yang menyebabkan kemacetan di pasar tanah abang. Ditambah lagi degan kelakuan supir angkutan umum yang parkir di sembarang tempat karena menunggu penumpang juga mengakibatkan tambahnya kemacetan di pasar tanah abang.
            Menurut bapak tanggapan kedepanya untuk pasar tanah abang itu agar pemerintah kedepannya supaya memperluas lagi jalan yang ada di pasar tanah abang agar para pedagang dan para membeli mudah untuk melalui akses jalan menuju pasar tanah abang . Serta menambahkan lahan baru untuk para pedagang yang ada di pasar tanah abang khususnya yang masih di luar atau di pinggir jalan-jalan pasar tanah abang ke tempat yang lebih layak juga dapat mengurangi dampak kemacetan  di pasar tanah abang yang dapat mnguntungkan bagi para pengguna jalan yang lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar